Powered By Blogger

Minggu, 01 Mei 2011

Ujian Masuk UNMUL 2011 Samarinda

Ujian Masuk Unmul 2011

Latihan Soal Tes Potensi Akademik
Download Soal Latihan Tes Potensi Akademik 
Latihan Soal Tes Potensi Akademik
6 Paket Latihan Soal UN SMA
Pelajari 6 Paket Latihan Soal UN SMA/MA dilengkapi Pembahasannya
pmdk.blogspot.com
Koleksi Latihan Soal Seleksi PTN Lengkap
Download Latihan Soal Snmptn, UMB PTN, Simak UI, UM Undip, UM Upi, USM STAN, SPMB Unsoed
Blog PMDK
Soal-soal Simak UI
Informasi dan Soal-soal Simak UI
Simak UI
Belajar Matematika
Koleksi Latihan Matematika Seleksi PTN
Kursus Matematika
Materi UN SMA Sesuai Kisi-kisi
Penjelasan Materi UN 2011 sesuai kisi-kisi dilengkapi latihan Soal dan Pembahasannya
ujian-nasional.com
Untuk masuk kuliah di Unmul pada tahun 2011, Unmul membuka berbagai jalur seleksi masuk :

Jalur Penjaringan Bibit Unggul Daerah (PBUD)
Setiap tahunnya, Universitas Mulawarman memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang berprestasi akademik saat duduk di bangku SMA dengan membuka Jalur seleksi PBUD. Seleksi ini biasanya akan diumumkan beberapa bulan menjelang Ujian Nasional, informasi dapat diperoleh di situs resmi Universitas Mulawarman atau melalui pengumuman yang akan di umumkan oleh Dinas Pendidikan.
Berikut kami sajikan panduan penerimaan PBUD untuk tahun 2010 sebagai gambaran calon mahasiswa penerima PBUD.
Jalur TKA Fakultas Kedokteran
Jalur seleksi ini adalah khusus untuk seleksi penerimaan mahasiswa Fakultas Kedokteran yang diseleksi berdasarkan hasil Tes yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman beberapa bulan menjelang Kelulusan Siswa SMA.

Download Soal dan Pembahasan

Bank Soal Snmptn Gratis
Download Soal Snmptn dan Pembahasannya
soal-snmptn.blogspot.com
6 Paket Latihan Soal UN SMA
Pelajari 6 Paket Latihan Soal UN SMA/MA dilengkapi Pembahasannya
pmdk.blogspot.com
Koleksi Latihan Soal Seleksi PTN Lengkap
Download Latihan Soal Snmptn, UMB PTN, Simak UI, UM Undip, UM Upi, USM STAN, SPMB Unsoed
Blog PMDK
Soal-soal Simak UI
Informasi dan Latihan Soal UN SD
Simak UI
Belajar Matematika
Koleksi Latihan Matematika Seleksi PTN
Kursus Matematika
Materi UN SMA Sesuai Kisi-kisi
Penjelasan Materi UN 2011 sesuai kisi-kisi dilengkapi latihan Soal dan Pembahasannya
ujian-nasional.com
Jalur SNMPTN
Jalur seleksi ini adalah seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru. Dimana calon siswa mempunyai kesempatan untuk memilih perguruan tinggi favorit tanpa harus hadir langsung di lokasi perguruan tinggi tersebut. Dan tingkat persaingan akan berlangsung secara nasional. Informasi mengenai jalur seleksi ini bisa anda dapat di situs resmi SNMPTN.

Download Latihan Soal

Jalur SMMPTN (Seleksi Mandiri)
Sama halnya dengan SNMPTN, hanya saja jalur seleksi ini akan di laksanakan langsung di Universitas Mulawarman. Berikut panduan SMMPTN tahun 2010 sebagai gambaran pelaksanaan SMMPTN 2011.
Jalur Beasiswa Bidik Misi
Peningkatan pemerataan akses ke perguruan tinggi jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat sampai saat ini masih merupakan masalah di negara kita. Banyak lulusan jenjang pendidikan menengah yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu peningkatan akses informasi terhadap sumber pendanaan masih sangat terbatas. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menyusun database siswa jenjang pendidikan menengah yang cerdas dan kurang mampu serta memfasilitasi dan atau menyediakan beasiswa dan biaya pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan, Bab VI, Pasal 46 ayat (2), menyebutkan bahwa Badan Hukum Pendidikan wajib mengalokasikan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik Warga Negara Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi dan atau peserta didik yang memiliki potensi akademik tinggi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah seluruh peserta didik.
Berbagai macam beasiswa oleh pemerintah, misalnya PPA, BBM, PPE, dan BMU, telah diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi jumlah dana yang diberikan masih belum dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa, sehingga belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.
Mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut serta kenyataan tentang program beasiswa sebagaimana tersebut di atas, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI.

Related Articles

Tags: 
Posted in Ujian Mandiri


Leave a Reply

Tidak ada komentar:

Posting Komentar